Langsung ke konten utama

TUGAS MODUL 1.4 AKSI NYATA FORUM BERBAGI

 Rancangan Tindakan Aksi Nyata

Sebelum melakukan aksi nyata saya melakukan beberapa tahapan yang sudah saya susun dalam rancangan Tindakan aksi nyata seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.


Setelah melakukan tahapan -tahapan yang sudah di susun yang di awali dengan kordinasi dengan

kepala sekolah untuk pelaksanaan aksi nyata dan komunikasi dengan PTK, pelaksanaan aksi nyata saya lakukan pada Hari rabu tanggal 5 januari 2022, dikelas 6. kemudian setelah melakukan aksi nyata, saya mempersiapkan pelaksanaan diseminasi atau praktik baik kepada semua PTK yang ada di sekolah, dengan jumlah peserta 7 orang, saat praktik baik saya mendapatkan respon positif dari kepala sekolah dan guru karena apa yang saya sampaikan dari hasil belajar modul 1.4 sangat bermanfaat dan mereka mendapatkan tambahan pengalaman baru terkait penerapan budaya positif dikelas, selama ini mereka beranggapan bahwa untuk mendisiplinkan siswa perlu seperangkat peraturan yang kaku, mengikat dan ada konsekwensi hukuman Ketika peraturan itu dilanggar, namun setelah mengikuti praktik baik tersebut paradigma tentang disiplin kelas itu berubah, mereka baru mengetahui bahwa ada stimulus respon lawan teori kontrol, jika selama ini pelaksanaan disiplin di sekolah atau dikelas cenderung memaksa karena mereka beranggapan guru sepenuhnya bisa mengontrol murid, semua penguatan positif efektif dan bermanfaat,  kritik dan membuat orang merasa bersalah dapat menguatkan karakter,  dan orang dewasa memiliki hak untuk memaksa, padahal fakta nya tidak semua siswa bisa diperlakukan seperti itu, karena mereka memiliki latar belakang dan mereka dibesarkan dalam lingkungan yang berbeda sehingga tidak semua murid bisa menerima perlakukan seperti itu.

Selain materi tentang teori kontrol peserta juga di berikan materi tentang konsep disiplin positif dalam pemaparan dijelaskan bahwa disiplin yang paling tinggi adalah disiplin dalam diri yang memiliki motivasi internal artinya seorang menyadari akan pentingnya mendisiplinkan diri sendiri sehingga mereka bisa berperilaku dengan mengacu pada nilai-nilai kebajikan universal, dan dijelaskan juga materi motivasi perilaku manusia, yang mengacu pada teori Diane Gossen dalam bukunya Restructuring School Discipline yang menyatakan ada tiga alasan motivasi perilaku manusia yaitu : menghindari ketidaknyamanan atau hukuman, untuk mendapatkan imbalan atau penghargaan dari orang lain dan untuk menjadi orang yang mereka inginkan dan menghargai diri sendiri dengan nilai-nilai yang mereka percaya. Di sampaikan juga materi tentang keyakinan kelas, kebutuhan dasar manusia, lima posisi kontrol, dan segi tiga restitusi.

Tujuan dari semua materi ini disampaikan adalah selain untuk melakun aksi nyata tugas dari modul 1.4 tentang budaya positif disekolah juga membuka wawasan dan pengalaman baru terutama bagi saya sendiri dan membagikan pengalaman tersebut kepada guru dan tenaga kependidikan yang ada disekolah sehingga semuanya bisa tahu dan bisa menerapkannya di lingkungan sekolah yang pada akhirnya bisa membangun budaya positif dan mensukseskan program merdeka belajar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA ( teknik menahan bola)

Pembelajaran teknik menahan bola Selain menendang, menahan bola merupakan unsur yang penting, arah datangnya bola dalam permainan sepakbola. ada tiga macam teknik menahan bola yaitu menyusur tanah, (groundball), memantul (bounchingball), dan bola tinggi (highball).

Pojok Baca sebagai sarana literasi di sekolah

  AKSI NYATA Modul 3.3 “Pojok Baca sebagai sarana literasi di sekolah”   1. Fakta (Fact) A. latar belakang Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat yang merupakan implementasi dari profil pelajar Pancasila.