Langsung ke konten utama

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA ( TEKNIK MENENDANG)

Pembelajaran teknik menendang bola
Menendang bola adalah salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan kemenangan sebuah tim.
Berikut adalah teknik utama dalam menendang bola

Kaki bagian dalam
Menendang bola dengan menggunakan kaki bagian dalam (Inside Foot)
Cara melakukannya adalah sebagai berikut: Kaki tumpu ditempatkan sejajar dan dekat dengan bola, lutut sedikit dibengkokkan, Kaki tendang datang dari arah belakang, dengan lutut berputar arah keluar. Kaki (sepatu) membentuk sudut 900 dengan kaki tumpu, pada saat terjadi kontak antara kaki tendang dengan bola. Posisi badan berada diatas bola. Tangan membentang kesamping untuk menjaga keseimbangan tubuh. Bola ditendang pada bagian tengah-tengah bola. Bagian kaki yang menyentuh bola adalah kaki bagian dalam.
Kaki bagian luar
Cara Melakukannya Adalah:
Kaki tumpu di samping bola.
Kaki tendang diayun dari belakang, agak diputar ke dalam.
Perkenaan bola di kaki bagian luar.
Kaki tendang menjaga keseimbangan
Dengan punggung kaki
Menedang bola dengan punggung kaki (Instep Foot)
Cara melakukannya:  kaki tumpu diletakkan disamping dan sejajar dengan bola, lutut sedikit bengkok. Kaki tendang diayun dari belakang. Saat perkenaan kaki dengan bola, ujung sepatu mengarah ketanah dan harus ditegangkan. Bagian kaki yang mengenai adalah punggung kaki atau bagian tali sepatu. Gerakan kaki tendang terutama datang dari persendian lutut. Lutut kaki tendang pada saat perkenaan berada diatas bola. Setelah tendangan, kaki tendang masih terus mengikuti gerakan (Follow Trough).
Sumber : buku Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan Untuk SMA/MA kelas x, Muhajir, Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA ( teknik menahan bola)

Pembelajaran teknik menahan bola Selain menendang, menahan bola merupakan unsur yang penting, arah datangnya bola dalam permainan sepakbola. ada tiga macam teknik menahan bola yaitu menyusur tanah, (groundball), memantul (bounchingball), dan bola tinggi (highball).

TUGAS MODUL 1.4 AKSI NYATA FORUM BERBAGI

 Rancangan Tindakan Aksi Nyata Sebelum melakukan aksi nyata saya melakukan beberapa tahapan yang sudah saya susun dalam rancangan Tindakan aksi nyata seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Setelah melakukan tahapan -tahapan yang sudah di susun yang di awali dengan kordinasi dengan

Pojok Baca sebagai sarana literasi di sekolah

  AKSI NYATA Modul 3.3 “Pojok Baca sebagai sarana literasi di sekolah”   1. Fakta (Fact) A. latar belakang Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat yang merupakan implementasi dari profil pelajar Pancasila.