Langsung ke konten utama

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA

PENGERTIAN Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan cara menyepak bola, dengan tujuan memasukan bola kegawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan bola. Didalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkan menggunakan seluruh anggota baadan, kecuali tangan dan lengan.
Hanya penjaga gawang saja yang diperbolehkan menangkap bola dengan tanngan, itupun hanya dalam kotak penalti.
Sepak bola merupakan permainan beregu yang tiap regunya terdiri atas 11 pemain. Biasanya, sepak bola dimainkan dalam 2 babak ( 2x45 menit) dengan waktu istirahat 15 menit di antara dua babak tersebut. Mencetak gol merupakan tujuan setiap kesebelasan. Suatu kesebelasan dinyatakan menang apabila dapat mencetak gol lebh banyak dari pada lawannya ketika waktu berakhir.LAPANGAN Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang. Panjang minimal 90m, maksimal 120 m. lebar minimal 45 m, maksimal 90 m.
Untuk pertandingan internasional, panjang minimal 100 m, maksimal 110 m. lebar minimal 64 m, maksimal 75 m. Adapun bagian-bagiannya sebagai berikut :
a. Daerah sudut, ada di kempat sudut lapangan, ditandai dengan tiang bendera setinggi 1,5 m. tempat tendangan    sudut dilakukan.
b.Area penalti, Kiper tidak boleh menyentuh bola dengan tangannya diluar area ini. Pada waktu tendangan penalti, semua   pemain, kecuali penendang dan kiper, harus berada diluar area penalti sampai dengan dilakukan.
c.Titik penalti, Tempat bola diletakkan pada waktu tendangan penalti yang berjarak 11 meter dari titik ke gawang.
d.Lingkar tengah, Tempat permainan dimulai dengan radius 9,15 m.
e.Gawang, berukuran Panjang 7,32 M dan lebar 2,44 M, Tiang atau mistar gawang berbentuk silinder dengan diameter 12 cm.
TEKNIK-TEKNIK DASAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA
A. Pembelajaran teknik tanpa bola (teknik badan)
Teknik badan adalah cara pemain menguasai gerak tubuhnya dalam permainan yang menyangkut cara berlari, melompat, gerak tipu badan.
B. Pembelajaran teknik dengan bola terbagi menjadi 3 yaitu:
1. Pembelajaran Teknik Menendang bla
2. Pembelajaran Teknik Menahan BOla
3. Pembelajaran Teknik menggiring bola (Dribel)
Sumber : buku Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan Untuk SMA/MA kelas x, Muhajir, Erlangga.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAK BOLA ( teknik menahan bola)

Pembelajaran teknik menahan bola Selain menendang, menahan bola merupakan unsur yang penting, arah datangnya bola dalam permainan sepakbola. ada tiga macam teknik menahan bola yaitu menyusur tanah, (groundball), memantul (bounchingball), dan bola tinggi (highball).

TUGAS MODUL 1.4 AKSI NYATA FORUM BERBAGI

 Rancangan Tindakan Aksi Nyata Sebelum melakukan aksi nyata saya melakukan beberapa tahapan yang sudah saya susun dalam rancangan Tindakan aksi nyata seperti yang tampak pada gambar di bawah ini. Setelah melakukan tahapan -tahapan yang sudah di susun yang di awali dengan kordinasi dengan

Pojok Baca sebagai sarana literasi di sekolah

  AKSI NYATA Modul 3.3 “Pojok Baca sebagai sarana literasi di sekolah”   1. Fakta (Fact) A. latar belakang Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat yang merupakan implementasi dari profil pelajar Pancasila.